Opini · Traveling

Yuk Kenalan Dengan Bank Syariah Di iB Vaganza


Bagi kamu yang penasaran dan ingin tahu lebih mendalam tentang dunia perbankan syariah, mungkin ada baiknya kamu hadir di acara yang sedang dilaksanakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Acara yang bertajuk iB Vaganza ini merupakan salah satu cara yang dilakukan OJK dan bank syariah-bank syariah yang sudah ada untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang perbankan syariah. Mataram menjadi kota ketiga tempat dilaksanakannya iB Vaganza. Acara ini sendiri dijadwalkan berlangsung selama tiga hari yaitu mulai hari jumat tanggal 19 Mei sampai hari minggu tanggal 21 Mei 2017. Melalui acara ini OJK dan bank-bank syariah yang sudah ada mensosialisasikan kepada masyarakat tentang perbankan syariah.

IMG-20170519-WA0029

Beruntung hari ini saya dan teman-teman Blogger berkesempatan hadir di acara pembukaan Ib Vaganza dan talkshow perbankan syariah, acara tersebut berlangsung di Ground Floor Lombok Epicentrum Mall. Saya pribadi merasa sangat awam dengan OJK dan bank syariah, meskipun saya pernah buka rekening di salah satu bank syariah –yang kini sudah tidak ada isi rekeningnya, *huhu. Dari acara tadi saya tahu kalau kalau OJK yang merupakan singkatan dari Otoritas Jasa Keuangan adalah sebuah lembaga milik Negara yang dibentuk untuk menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keungan. OJK ini sebelas duabelas dengan Bank Indonesia, seperti saudara kandung. Mereka sama-sama mengawasi dan melindungi konsumennya.

Kehadiran iB Vaganza juga tak lain untuk lebih memperkenalkan bank syariah kepada masyarakat. Dalam acara ini dijelaskan perbedaan antara bank syariah dengan bank konvensional. Perbedaan mendasar pada sistem bank syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah. Prinsip lain yang diterapkan bank syariah dalam operasionalnya adalah prinsip kemitraan, prinsip keadilan, prinsip kemanfaatan, prinsip keseimbangan, dan prinsip keuniversalan. Jadi bagi hasil antara bank dan konsumenlah yang berlaku di bank syariah. Sama-sama untung, sama-sama rugi.

IMG-20170519-WA0075

Kini bank syariah sudah banyak di Indonesia, populasinya semakin meningkat. Hampir sebagian besar bank-bank nasional sudah memiliki bank syariah. Perlu digaris bawahi bahwa bank syariah tidak hanya berlaku bagi warga yang muslim saja, tetapi juga berlaku bagi warga non muslim. Setiap individu bisa menggunakan jasa/produk di bank syariah. Sekarang tinggal kita saja, mau tetap di bank konvensional atau beralih ke bank syariah yang menawarkan sistem bagi hasil. Acara pembukaan dan talkshow ib Vaganza di hari pertama tadi berlangsung meriah. Turut hadir Gubernur NTB yang diwakili oleh Sekretaris Daerah NTB, para petinggi OJK dan perwakilan dari bank-bank syariah yang sudah ada.

IMG-20170519-WA0076

Setelah acara talkshow berakhir acara dilanjutkan dengan lomba marawis antar pelajar SMA. Nonton marawis ini seru banget dan menghibur. Saya sampai terpesona mendengar merdunya suara si lead vokal dan lincahnya gerakan mereka. Penampilan mereka menambah semarak suasana.

Hadir di acara tadi sedikit tidak menambah pengetahuan saya tentang bank syariah. Lumayan dapat ilmu baru yang tentu bisa dishare ke banyak orang lainnya 🙂

*P.S. Foto-foto ini saya ambil dari grup wasap Bloger Lombok, ijin ya gaess :*

Advertisements

4 thoughts on “Yuk Kenalan Dengan Bank Syariah Di iB Vaganza

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s