Environmental · Traveling

Camping Ground: Komitmen Untuk Belajar Dan Berbagi Pada Lingkungan


Tanggal 28 Oktober 2016 kali ini menjadi tahun peringatan sumpah pemuda yang ke 88. Sumpah yang tercatat sebagai ikrar janji cinta para pemuda kepada Tanah Air Indonesia. Sumpah yang selalu akan melekat dalam ingatan, dalam perjalanan Bangsa Indonesia. Peringatan sumpah pemuda menjadi momen penting dalam perjalanan Bangsa Indonesia yang akan selalu membawa ingatan kita pada perjuangan para pemuda untuk bersatu demi Indonesia. Tanpa perselisihan, tanpa memedulikan suku, ras, agama, dan warna kulit.

img_0043

*inilah lokasi camping ground

Momen sumpah pemuda inilah yang dimanfaatkan oleh beberapa komunitas untuk berkumpul dalam kegiatan camping sekaligus melakukan deklarasi peringatan sumpah pemuda. Kegiatan ini diinisiasi oleh Santiri Foundation dengan mengajak komunitas lain yaitu Komunitas Remaja Aktif (KREATIF) Dusun Gapuk, Baralosa NTB, UKP3, HMPWK UMM, HMTL UNU NTB, Komunitas Blogger Lombok Sumbawa, dan Pramuka Ponpes Nurul Haramain. Camping ground tersebut dilangsungkan pada tanggal 28-30 Oktober 2016, bertempat di Embung Kedaro, Dusun Gapuk, Desa Taman Baru Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat.

img_3667

*bersiap tanam pohon

img_5044

*lokasi pengambilan sampel air oleh HMTL – soal HMTL akan saya ceritakan di satu artikel khusus :))

Camping ground tidak hanya mengajak para peserta untuk menginap di dalam tenda namun juga melakukan kegiatan penuh manfaat lainnya. Kegiatan yang dilakukan antara lain deklarasi sumpah pemuda di tugu TNI desa Taman Baru, HMTL UNU NTB melakukan eksperimen penyaringan air, penghijaun yang diinisasi oleh para santriwati Pnodok Pesantren Nurul Haramain, malam perkenalan, konsolidasi dan inspirasi oleh para inspirator dari masing-masing komunitas. Serta nonton bareng beberapa film dokumenter Inspiratif yang bercerita tentang perjuangan konservasi lingkungan, baik di hutan maupun laut melalui rehabilitasi dan pemulihan lingkungan. Pada malam perkenalan dan inspirasi, masing-masing perwakilan komunitas memperkenalkan diri, bercerita tentang kegiatan komunitas mereka, dan saling berbagi pengalaman. Semua kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk mempererat hubungan antar sesama peserta camping, peserta camping dengan alam, dan peserta camping dengan penciptanya. Camping ground ini menjadi wadah mempertemukan banyak komunitas untuk berbagi pengalaman dan memetik pelajaran bersama. Ini menjadi awal untuk sebuah gerakan yang lebih besar di masa depan. Untuk sama-sama membangun lingkungan tempat tinggal kita menjadi lebih baik. Semua peserta camping bersemangat untuk saling mendukung satu sama lain.

DCIM101MEDIA

*para peserta camping ground

Ikut kegiatan camping ground ini memberikan pengalaman tersendiri bagi saya. Melihat wajah-wajah para anggota Komunitas Remaja Aktif (KREATIF) Dusun Paok yang begitu bersemangat menyambut kami. Mereka bersemangat untuk menyerap palajaran dan pengalaman baru dari komunitas lainnya. Kerjasama dan gotong royong mereka juga patut diacungi jempol. Luar biasa, sangat patut untuk dicontoh. Saya mengenal orang-orang baru lagi, mendengar cerita-cerita mereka, lebih dekat. Ternyata ada kehidupan yang selama ini luput dari pandangan. Terim kasih atas semua peserta yang memberikan warna tersendiri bagi ground camping. Semoga silaturrahmi kita tetap terjaga dan agenda camping selanjutnya bisa berjalan lebih baik. Yeay!

Advertisements

8 thoughts on “Camping Ground: Komitmen Untuk Belajar Dan Berbagi Pada Lingkungan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s