Traveling

Ternyata Pantai Cantik Tak Hanya Milik Lombok


Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar kata pantai?, apakah debur ombak?, laut biru yang dinaungi langit biru dan awan putih yang bergelung?, pasir putih yang mesra menyentuh kaki?, lambaian pohon kelapa?, sunset dan sunrise?, atau kenangan tentang sang mantan? #oke abaikan yang ini #dilarang baper. Apapun itu yang pasti pantai pasti selalu meninggalkan kenangan yang indah bukan.

Jadi, kali ini saya ingin bercerita tentang pantai-pantai cantik yang ternyata tidak hanya ada di Lombok tetapi juga di Pulau tetangganya yaitu Sumbawa. Terima kasih pada Tuhan yang telah memberikan saya kesempatan melalui #newmontbootcamp untuk melihat keindahan Sumbawa yang terpancar dari pantai-pantainya. Waktu itu, setelah selama empat hari mengeksplore lokasi tambang Newmont kami berkesempatan untuk mengeksplore daerah di luar tambang. Saya tidak punya ekspektasi apa-apa sebelum menginjakkan kaki di daerah luar tambang, apalagi tentang pantai-pantai yang akan kami kunjungi. Tetapi lihatlah apa yang terjadi, lihatlah melalui mata lensa yang menjadi bukti indahnya pantai-pantai tersebut. Foto-foto ini adalah bukti nyata yang bisa saya tunjukkan pada kalian.

Mari kita mulai dengan pantai pertama yang kami kunjungi ketika keluar dari lokasi tambang. Namanya dalah pantai Rantung, letaknya sangat dekat dengan lokasi tambang Newmont yang secara administrasi masuk ke dalam Kecamatan Sekongkang. Saya dan rombongan menuju pantai ini di sore hari, sekitar pukul setengah lima sore waktu Indonesia tengah. Kami sengaja datang ke pantai ini untuk menikmati matahari terbenam. Pantai Rantung memiliki pasir putih dengan pantai yang luas dan panjang, terlihat beberapa bukit dari pantai ini. Rantung termasuk pantai yang sepi, cocok untuk kamu yang tidak suka berbagi sunset. Meskipun di awal pantai ini tak tampak meyakinkan tapi tunggulah sampai matahari terbenam, maka cantiknya pantai ini benar-benar terpancar. Sungguh indah. Jangan lupa siapkan kameramu untuk mengabadikan momen ini.

rantung

Saya sangat suka pantai, beberapa kali sudah menikmati sunset di beberapa pantai lain. Dari Rantung saya mengerti bahwa meskipun yang terbenam adalah sama-sama matahari namun indahnya momen tersebut selalu berbeda di setiap pantai. Dan Rantung beruntung menjadi salah satu yang indah.

rantung2

Kamu juga bisa sekalian foto narsis kok, kayak saya ini #ehem

IMG-20160225-WA0017

Saya dan para Bootcampers juga tidak lupa berfoto ala-ala….#loncat yang tinggi guys

Setelah menikmati pantai di Kecamatan Sekongkang, kami bergeser ke Kecamatan sebelahnnya yaitu Maluk. Bisa dikatakan kalau pantai Maluk adalah salah satu pantai yang paling ramai di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Merupakan salah satu lanskap terkenal di KSB, ditandai dengan deretan huruf yang mengukir namanya (seperti yang ada di pantai Losari, Makassar). Di pantai ini terdapat banyak tempat makan yang menyediakan menu khas Sumbawa seperti rarit dan sepat. Ada juga cemilan spesial yaitu pisang goreng yang dimakan dengan sambal, yaa bukan dengan selai atau semacamnya tapi sambal. Kalian harus coba jika datang ke pantai Maluk.

maluk

Pasir putih yang lembut, gulungan ombak yang tidak terlalu besar, lautan luas dengan gradasi warna yang mengundang decak kagum menyambut kami waktu itu di pantai Maluk. Laut biru nan luas dan bukit hijau di dekatknya memberikan efek magis pada mata. Kalian harus tahu kalau Maluk indah. Menikmati indahnya Maluk dengan kelapa muda segar juga pantas kamu lakukan di sini.

maluk2

Pantai selanjutnya yang kami kunjungi adalah sebuah pantai tersembunyi di Kecamatan Sekongkang yang bernama pantai Lawar. Pantai ini sepi namun penampakannya tidak kalah cantik dengan pantai sebelumnya. Terdapat banyak padang rumput di pinggir pantai ini yang dimanfaatkan warga sebagai tempat untuk menggembalakan ternak mereka. Pantai ini bisa dikatakan merupakan sebuah teluk kecil yang di sisi kiri dan kanannya terdapat dinding tebing tinggi yang menjorok ke tengah lautnya. Kamu juga bisa melihat beberapa bukit lainnya dari pantai ini.

lawar

Berikutnya, secara tidak sengaja kami mendatangi pantai Poto Batu. Awalnya pantai ini tidak ada dalam daftar tujuan kami di daerah lingkar tambang. Tetapi waktu itu kami yang sedang dalam perjalanan menuju Jereweh dari Townsite melewati pantai ini. Kami yang kegirangan melihat pantai tak segan-segan meminta ijin pak Arie selaku penanggung jawab rombongan untuk berhenti sejenak di pantai ini. Terdapat sebuah batu besar dengan lubang ditengahnya yang berada di pantai menjadi ciri khas pantai ini. Tentu saja kami langsung mengabadikan momen di pantai ini dengan berfoto-foto ria. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna hitam dengan laut biru serta bebatuan unik di sekitarnya.

poto batu

Pantai terakhir yang kami kunjungi adalah pantai Kertasari. Sebenarnya kami memiliki misi khusus ketika datang ke pantai ini. Kami tidak hanya datang untuk menikmati pantainya saja tetapi untuk melihat aktivitas para petani rumput laut di daerah ini. Pantai yang terletak di Kecamatan Taliwang memang menjadi pusat budidaya rumput laut dan olahannya. Rumah-rumah panggung penduduk, bau laut yang khas dan deretan rumput laut yang sedang dijemur akan menyambutmu jika datang ke pantai ini. Tapi jangan lupakan pasir putih yang terbentang, laut biru sejauh mata memandang, deretan bukit dan bebatuan, juga akan menyambutmu di sini. Komposisi yang indah kawan.

kertasari

Kami juga mendapatkan kesempatan emas menikmati santap siang ala petani rumput laut. Hidangannya sangat lezat, enak banget, bikin nagih. Ada sate abalone (sejenis kerang laut), sepat, sambel cumi, urap rumput laut, sambel cabe kering (serius sambel ini enak banget), dan es campur rumput laut. Semua makanan tersebut menggugah selera, sebagian besar teman-teman saya pertama kali memakan urap rumput laut yang ternyata setelah dicobain mereka suka. Pengalaman makan siang di Kertasari ini adalah salah satu momen yang tidak terlupakan.

kertasari2

Masing-masing tempat di muka bumi ini sudah pasti memiliki keunikan dan keindahan masing-masing. Kita hanya bisa meikmatinya tanpa harus merusak atau mengubahnya, menjaganya, sebagai rasa syukur kita kepada sang pencipta. Pantai-pantai tersebut baru sebagian dari Pulau Sumbawa. Masih banyak lagi pantai indah di Sumbawa yang perlu dieksplore. Semoga suatu saat saya memiliki kesempatan untuk itu. Terimakasih pada semua teman-teman rombongan yang berhasil mengabadikan momen-momen indah di pantai tersebut.

Advertisements

2 thoughts on “Ternyata Pantai Cantik Tak Hanya Milik Lombok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s