Traveling

Menikmati Makan Siang Ala Lesehan Tanak Maik


Tanak Maik, mungkin terdengar agak aneh bagi kalian yang tidak tinggal di Lombok. Tapi tenang, saya akan memberitahukan kepada kalian apa itu tanak maik. Tanak Maik adalah nama sebuah tempat lebih tepatnya kampung yang merupakan bagian dari Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Secara bahasa, tanak maik berasal dari bahasa sasak dimana tanak berarti tanah dan maik berarti enak. Jadi kalau digabung bisa diartikan tanah yang enak. Berhubung saya bukan ahli sejarah dan terlalu sibuk (sok sibuk lebih tepatnya) untuk melakukan wawancara pada warga setempat maka saya tidak tahu pasti mengapa tempat tersebut dinamakan tanak maik. Mungkin karena tempat ini merupakan daerah yang subur hingga sangat nyaman untuk ditinggali #sotoy.

Entah sejak kapan persisnya tanak maik ramai dibicarakan orang, saya tidak tahu pasti. Hal yang saya tahu adalah tanak maik sering disebut-sebut orang sejak banyaknya lesehan yang menyajikan hidangan lezat di sana. Sudah pada tahu kan lesehan itu apa?. Oke saya anggap sudah tahu ya, jadi saya tidak perlu menjelaskan lagi. Jadi di daerah tanak maik ini terdapat beberapa lesehan yang lengkap dengan kolam-kolam ikan air tawar. Dimana sajian utama mereka adalah ikan air tawar bakar lengkap dengan pelecing kangkung danย  sayur bening.

IMG_20160311_135751

Tanak maik bisa kamu temukan dengan menempuh perjalanan selama sekitar 1,5 jam dari Kota Mataram. Setalah bertemu perempatan Masbagik kamu belok kiri, setelah sekitar satu kilometer kamu akan menemukan perempatan kecil. Nah di perempatan tersebut kamu belok kanan sekitar 800 meter maka sampailah kamu di kawasan tanak maik dengan beraneka lesehan. Ribet ya?, kalau nggak mau bingung pakai google maps saja pasti ada kok. Kalau dari rumah saya yang berada di Lendang Nangka, Tanak Maik sangatlah dekat. Saya hanya membutuhkan waktu maksimal 30 menit untuk mencapainya. Jadi bisa mampir kapan saja ke Tanak Maik.

IMG_20160311_135821

Waktu itu saya dan keluarga (ibuk bapak dan adik) sengaja meluangkan waktu untuk makan siang bersama di lesehan Tanak Maik, bertepatan dengan hari ulang tahun adik saya yang paling kecil. Kami hanya ingin menikmati waktu bersama, sesekali libur masak di rumah dan makan di luar. Meskipun tiga orang anggota keluarga lainnya tidak bisa ikut karena tidak sedang di Lombok. Kami biasa memilih lesehan purnama tiap kali ke Tanak Maik. Hanya berdasarkan rekomendasi teman saya yang telah mencoba lesehan lain di Tanak Maik dan lesehan purnamalah yang paling enak, katanya. Kali itu bukanlah yang pertama saya datang ke lesehan Tanak Maik dan kami memang langsung cocok dengan lesehan purnama.

IMG_20160311_135939

Lesehan yang saya datangi berada dekat dengan komplek persawahan. Sejauh mata memandang adalah petak-petak sawah yang sedang hijau-hijaunya waktu itu. Terdapat banyak kolam-kolam ikan dengan ikan-ikan segar yang berenang ke sana kemari. Di atas kolam dibangun berugak-berugak, ada yang dengan empat tiang da nada yang dengan enam tiang. Berugak adalah sebutan untuk sejenis gazebo yang biasa ada di rumah-rumah masyarakat Lombok.

IMG_20160311_140227

Makanan utama yang menjadi andalan di lesehan ini adalah ikan air tawar bakar dengan bumbu khas yang meresap sampai ke bagian dalam ikan. Dijamin kamu tidak akan bisa menolak untuk menghabiskannya. Sajian ikan bakar ini dilengkapi dengan nasi putih, pelecing kangkung, sayur bening dan sambel pedes yang bisa dicocol. Kalau orang Lombok sih doyan banget makan ala-ala begini. Oh ya di bulan Ramadhan lesehan ini sangat ramai. Sering dijadikan tempat buka puasa bersama, sampai-sampai harus booking terlebih dahulu supaya dapat tempat. Lesehan ini bisa jadi alternatif tempat makan di sekitar Lombok Timur.

Advertisements

2 thoughts on “Menikmati Makan Siang Ala Lesehan Tanak Maik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s