Opini

Earth Hour 2016; Yuk Mulai Perubahan


Suatu perubahan yang besar bisa dicapai dengan memulai perubahan-perubahan kecil yang kita lakukan. Hal inilah yang menjadi pondasi komunitas Earth Hour dalam menjalankan misinya. Earth hour yang merupakan sebuah gerakan global untuk perubahan iklim memiliki komitmen untuk mengajak semua lapisan masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga bumi. Hal ini secara nyata tentu bisa tercapai dengan mengubah gaya hidup kita demi kelestarian bumi. Beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan adalah, misalnya dengan menghemat salah sumber energi kita yaitu listrik. Mematikan lampu ruangan ketika tidak ada orang di dalamnya, mengurangi penggunaan AC dan mencabut charger gadget ketika selesai digunakan adalah hal yang bisa kamu lakukan. Terlihat sepele tetapi tanpa kita sadari hal tersebut sangat besar pengaruhnya bagi bumi kita. Dan bayangkan jika tidak hanya kamu yang melakukan hal itu tapi 10, 100, 200, bahkan jutaan orang yang melakukan itu maka kita sudah berhasil menghemat energi demi kelestarian bumi.

Tidak ada salahnya untuk memulai dari sekarang, tidak ada kata terlambat untuk sebuah perubahan dalam kebaikan. Jangan ragu untuk mengajak keluarga, teman-teman dan orang-orang yang ada di lingkunganmu untuk ikut melakukan hal yang sama. Karena jika bukan kita yang menjaga bumi maka siapa lagi yang akan melakukannya. Tapi jangan khawatir, kamu nggak sendirian kok karena kamu bisa memulainya hari ini bersama jutaan orang di dunia dalam Earth Hour 2016. Earth Hour akan berlangsung hari ini (19/03/2016) pada pukul 20.30-21.30, untuk wilayah Indonesia. Buat kamu yang berada di sekitar Kota Mataram bisa hadir langsung dalam acara selebrasi Earth Hour yang akan berlangsung di depan Pendopo Walikota Mataram, mulai pukul 19.00 WITA sampai selesai. Acara ini didukung oleh banyak pihak mulai dari pemerintah, swasta, anak-anak muda yang tergabung dalam beberapa komunitas dan para penggiat seni. Kamu nggak akan rugi deh kalau hadir nanti malam. Acara ini gratis lho dan kamu juga bisa langsung aktif sebagai agen perubahan bagi lingkunganmu.

Satu hal yang sangat perlu untuk diingat bahwa Earth Hour jangan dianggap hanya sebagai selebrasi atau seremonial semata yang hanya dilakukan sekali setahun tetapi haruslah menjadi gaya hidup kita. Sudah saatnya kita mulai mengubah gaya hidup dari yang tidak peduli lingkungan menjadi peduli. Semuanya nggak akan berguna jika hanya jadi acara semalam dua malam saja. Yuks teruskan Earth Hour dalam kehidupan sehari-hari.Yakin deh anak muda yang peduli akan lingkungannya tingkat ke-keren-annya meningkat 100 persen. Sudah bukan jamannya menjadi anak muda yang apatis dengan bumi.

995317_992299340856749_979565620484126180_n

*para pendukung Earth Hour 2016*

Salam KolaborAksi!

Advertisements

5 thoughts on “Earth Hour 2016; Yuk Mulai Perubahan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s