Academic · Opini

Cara Mudah Memulai Sebuah Proposal Tugas Akhir


Halo, apa kabar mahasiswa tingkat akhir?

32

*sumber gambar: eazyresearch.com

Sudah sadar belum kalau kamu sudah ada di tahun terakhir kuliah (ini bagi yang niat buat lulus kuliah sih). Apa sudah dapat SP dari orang tua untuk segera menyelesaikan kuliah?. Padahal yang di sini masih selow-selow, belum ngapa-ngapain. Gimana mau mulai ngerjain tugas akhir kalau proposal penelitiannya aja belum dibikin. Duh…selama ini ngapain aja dek. Jadi masih bingung gimana mau memulai bikin proposal penelitian ya. Baiklah kali ini saya akan berbagi sedikit tips cara mudah untuk membuat proposal tugas akhir kamu.

Simak ya, demi kebaikan dan kelancaran hidupmu di kampus.

  1. Rajin berdiskusi.

Sudah nggak jaman jadi mahasiswa yang pemalu. Ngapa-ngapain malu. Ngobrol sama dosen malu, mengeluarkan pendapat di tengah kelas malu, sekedar menyapa kakak kelas malu, apalagi berdiskusi. Coba deh buka dirimu. Rajin-rajinlah untuk bertanya dan berdiskusi dengan dosenmu. Dosen nggak akan marah kok kalau kamu banyak bertanya, malah mereka akan merasa senang kalau mahasiswanya lebih aktif. Tentu saja dengan membuat janji terlebih dahulu dan kamu tetap menjaga sopan santun. Diskusi juga bisa kamu lakukan dengan kakak tingkatmu, paling tidak mereka sudah lebih dulu merasakan kuliah dan tugas akhir. Kali aja mereka bisa memberikanmu ide yang selama ini tak terpikirkan olehmu. Jangan lupakan juga teman-teman angkatanmu, kamu bisa saling bertukar pikiran dengan mereka untuk sama-sama mencari ide penelitian. Tentu saja kamu harus punya tema atau judul penelitian terlebih dahulu sebelum mulai menuliskannya. Berdiskusi adalah salah satu cara paling awal yang bisa kamu lakukan.

  1. Banyak-banyaklah membaca.

Hari gini kamu masih malas membaca?, maka siap-siap saja akan ketinggalan. Tentu saja ide penelitian tugas akhirmu bisa kamu dapatkan dengan cara membaca. Mulailah dengan membaca literatur seperti jurnal-jurnal penelitian dan skripsi kakak tingkatmu. Kamu tinggal ke perpustakaan untuk membaca skripsi kakak tingkatmu. Untuk jurnal-jurnal penelitian tinggal kamu download di internet kok. Sekarang sudah banyak beredar situs jurnal penelitian gratis. Asalkan kamu jangan malas mencari saja. Supaya lebih terarah, kamu tentukan dulu tema apa yang paling kamu minati untuk dijadikan tugas akhir. Barulah kamu baca jurnal-jurnal penelitian yang berkaitan dengan tema yang kamu pilih.

  1. Bikin outline.

Outline bisa menjadi pengarah kamu dalam pengerjaan proposal. Mulai dengan siapkan catatan khusus skripsi. Buku ini nantinya kamu isi dengan outline besar proses yang akan kamu lalui dalam mengerjakan skripsi. Tulislah di bagian awal berisi apa saja, misalnya pendahuluan, nanti di pendahuluan akan berisi apa saja, kamu tulis, sampai dengan bab selanjutnya. Tulis poin-poin besarnya sehingga kamu lebih terarah dan fokus. Kamu juga bisa membuatnya dalam bentuk diagram. Semacam mind mapping. Jadi ke depannya kamu sudah tahu harus ngapain. Jangan lupa juga untuk mulai membuat folder khusus skripsi di laptop kamu.

  1. Pasang target dan rancang jadwal.

Mau tidak mau yang namanya punya target dalam hidup adalah sesuatu yang penting. Paling tidak dengan adanya target kamu akan lebih giat berusaha dalam mencapainya. Meskipun hasil yang kamu dapatkan di kemudian hari tidak selalu sesuai dengan harapan tetapi kamu tidak rugi telah berusaha. Proses kamu untuk mencapai target itulah yang sesungguhnya paling penting. Hal ini tidak terkecuali dalam mengerjakan proposal tugas akhirmu. Buatlah target berapa lama kamu akan menyelesaikan proposal penelitianmu. Jangan pasang waktu terlalu lama karena itu akan membuatmu terlena. Setelah menetapkan target buatlah jadwal berkala yang berisi langkah-langkah yang akan kamu lakukan untuk mencapai target dan waktu pengerjaannya. Jangan buru-buru stress memikirkannya. Sesekali keluarlah untuk jalan-jalan kalau kamu suntuk.

  1. Kuatkan niatmu dan mulailah.

Meskipun hal ini ada di urutan terakhir tetapi sesungguhnya inilah poin yang paling penting. Semuanya tidak akan terlaksana kalau kamu nggak punya niat untuk mengerjakannya. Jangan tunda-tunda lagi untuk mulai mengerjakannya. Jalan-jalan dan mainnya dikurangi sementara waktu. Waktu untuk stalking timeline medsos juga dikurangi ya, apalagi stalking medsos mantan #eh.

Gampang kan?. Setelah proposal kelar tinggal dikanjutin deh buat mengerjakan penelitian dan nulis pembahasan serta hasil. Ingat ya kalau memang niat pasti selesai kok.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s