Opini · Traveling

Sebuah Ruang Persahabatan Bernama Bootcamp


Awal tahun ini Tuhan masih sangat baik pada saya. Saya diberikan kesehatan sehingga saya bisa melakukan banyak hal, dan saya juga diberikan kesempatan untuk bertemu banyak orang. Saya ingat sekali ketika saya mengirimkan tulisan ke lomba Sustainability Mining Bootcamp yang diadakan Newmont pada batas pendaftaran terakhir. Saat itu saya masih sempat ragu apakah akan mendaftar atau tidak. Kesibukan mengurus wisuda membuat saya hampir lupa pada lomba tersebut. Saya ragu apakah saya akan berhasil menulis untuk lomba tersebut atau tidak. Tapi….akhirnya saya memutuskan untuk mencobanya. Semesta mendukung, tulisan saya selesai sebelum jam terakhir pendaftaran dan saya bisa men-submit tulisan saya. Singkat cerita, hari pengumumanpun tiba dan tidak disangka saya lolos. Huaaa…senang sekali rasanya. Saya langsung terbayang akan bertemu banyak teman baru dan akan belajar tentang dunia tambang.

IMG-20160220-WA0006.jpg

*sumber foto: twitter.com/NewmontID

Dan memang benar kalau acara Bootcamp ini menjadi gerbang pertemuan saya dengan teman-teman baru dan belajar banyak hal baru. Mereka datang dari berbagai daerah dan dengan latar belakang yang berbeda-beda. Saya sangat antusias bertemu mereka. Para peserta Bootcamp total sebanyak 36 orang, yang terdiri dari 20 orang pemenang lomba tulisan di blog, 2 orang pemenang kuis yang diadakan Newmont tahun lalu, 2 orang pemenang golden tiket dari acara roadshow Newmont Goes to Campus, dan sisanya adalah dari media partner. Banyak di antara teman-teman peserta Bootcamp masih berstatus mahasiswa dengan jurusan yang keren-keren lagi. Ada Shouma mahasiswa biologi kelautan ITS, Rahel mahasiswa teknik metalurgi ITS, Melo mahasiswa Geofisika UNPAD, Afi mahasiswa teknik kimia UI, Kadek mahasiswa teknik industri Universitas Bakrie, Wulan mahasiswa ekonomi manajemen UNRAM, Ikhsan mahasiswa ekonomi pembangunan Universitas Samawa, Satria mahasiswa teknik informatika UTS, dan Bonni mahasiswa teknik pertambangan UNSRI. Saya sangat senang bertemu mereka, mereka adalah anak-anak yang senang menulis dan antusias belajar. Selain para mahasiswa, ada juga PNS, para profesional blogger, profesional fotografer dan profesional jalan-jalan (-,-) yang menjadi peserta Bootcamp.

Cbqj_TVUYAA86h7.jpg

*sumber foto: twitter.com/NewmontID

Semuanya memiliki kepribadian yang menarik. Saya banyak belajar dari teman-teman selama Bootcamp. Kami tidak hanya saling berdiskusi tentang dunia tambang, tetapi juga berbagi cerita tentang sisi kehidupan yang lain. Kami saling berbagi pengalaman, saling belajar satu sama lain. Semuanya mengalir begitu saja. Nggak ada yang namanya jaim-jaiman, serius. Karena merasa senasib dan sepenanggungan selama Bootcamp kami menjadi dekat. Rasa persahabatan telah resmi terjalin di antara kami. Bahkan setelah tiba di tempat asal masing-masing, group WA yang kami miliki menjadi semakin rame. Grup WA tersebut menjadi tempat teman-teman mencurahkan canadaan dan berkomunikasi selayaknya di Bootcamp. Banyak yang mengaku belum bisa move on dari Bootcamp kemarin.

IMG-20160222-WA0018.jpg

*sumber foto: twitter.com/NewmontID

Bootcamp telah berhasil menjadi ruang tempat persahabatan kami dimulai. Kebersamaan yang telah kami lalui selama Sembilan hari terasa kurang. Terimakasih atas kesempatan ini, kesempatan baik yang memperkenalkan saya pada orang-orang hebat dan mengingatkan saya bahwa bumi ini sangatlah luas sekaligus berharga. Semoga ada kesempatan lain yang mempertemukan kami.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s