Opini · Sajak-Cerita

Perihal Menunggu dan Perkara-Perkara Penting di Dalamnya


Waiting-by-Ramon-Mariano

*sumber gambar: greatinspire.com*

Di dunia ini siapa sih yang tidak pernah menunggu?, jawabannya tidak ada. Hampir tujuh miliar penduduk bumi pernah menunggu. Mulai dari bayi sampai orang dengan lanjut usia, tanpa terkecuali. Seorang bayi menunggu untuk bisa berlari. Seorang ibu dan bapak menunggu kelahiran anaknya dan menunggu mereka tumbuh besar. Anak-anak menunggu untuk segera terlepas dari mata pelajaran matematika. Seorang remaja menunggu sampai waktunya ia tahu rasanya kuliah ke luar kota. Seorang yang dewasa menunggu untuk dipertemukan dengan jodohnya. Itu hanya sebagian umum perihal menunggu. Belum lagi hal-hal kecil yang selalu kita tunggu setiap harinya.

Ada kalanya kamu sangat ingin waktu agar cepat-cepat berlalu agar apa yang kamu tunggu bisa datang segera, tetapi ada kalanya ketika kamu sangat ingin bilang pada waktu untuk datang nanti-nanti saja supaya yang kamu tunggu lebih lama tiba. Semua tergantung dari apa yang kamu tunggu dan bagaimana pentingnya hal itu. Hanya kamu sendirilah yang bisa mengukurnya.

Hal penting yang harus diingat bahwa perkara menunggu bukanlah perkara yang sepele. Di dalamnya terdapat dua syarat utama dan penting yaitu yakin dan sabar. Keduanya terdengar sulit, tetapi bukan berarti kita tidak bisa melakukannya. Keyakinan akan menuntunmu menuju apa yang kamu tunggu. Rasa yakin mengandung semangat, usaha dan kerja keras untuk mendapatkan apa yang kamu tunggu. Jika tidak punya rasa yakin dalam hati bagaimana mungkin kamu mau repot-repot untuk menunggu. Bagaimana mungkin kamu mau berlama-lama menunggu. Jadi, keyakinan itulah yang membuatmu tetap teguh pada keputusanmu untuk menunggu. Rasa sabar juga tidak bisa dihilangkan dalam menunggu. Menunggu sudah melekat erat dengan yang namanya sabar. Sabar untuk tidak buru-buru menyerah, sabar untuk tidak meninggalkan janjimu pada apa yang kau tunggu. Sulitnya luar biasa, mengingat kita sebagai manusia sangat hobi untuk terburu-buru.

Ingatlah selalu, menunggu bukan berarti hanya berdiam diri tanpa melakukan apa-apa. Justru ketika menunggu itulah kamu harus melakukan usaha terbaikmu, yang kamu bisa. Mempersiapkan hal terbaik darimu agar kamu siap menghadapi apa yang kamu tunggu. Ketika yang kau tunggu di awal tak kunjung datang maka kamu tidak terlalu rugi karena kamu telah mempersiapkan dirimu sendiri. Proses menunggu itu telah membuatmu jadi pribadi yang lebih tangguh. Selalu ada hal penting yang bisa diambil hikmahnya dalam perihal menunggu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s