Opini

Sumpah Pemuda: Api Semangat Untuk Tetap Bersatu


87 tahun silam para pemuda telah melakukan sumpah. Para pemuda bersumpah mengakui tumpah darah yang satu, bangsa yang satu, dan bahasa yang satu yaitu Indonesia. Sumpah itulah yang hari ini diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda. Sumpah pemuda menjadi tonggak persatuan para pemuda untuk berjuang merebut kemerdekaan Indonesia. Sumpah pemuda yang telah diikrarkan membuktikan bahwa para pemuda begitu semangat untuk bersatu demi Indonesia, tanpa perselisihan, tanpa mempedulikan suku, agama, dan warna kulit.

Sumpah Pemuda

Lalu, bagaimana dengan para pemuda hari ini?. Masihkah semangat untuk tetap mencintai Indonesia. Istilah kerennya Nasionalisme. Banyak sekali hal yang telah terjadi sejak sumpah pemuda diucapkan. Ada hal baik dan juga buruk (berdasarkan norma dan hukum yang berlaku dalam masyarakat) yang dilakukan oleh para pemuda. Sedih menyaksikan beberapa pemuda yang begitu mudah tersulut emosi, begitu mudah melakukan tawuran, kekerasan, pengrusakan dan memecah belah persatuan.

Di balik hal yang menyedihkan pasti ada hal yang membahagiakan. Ternyata masih banyak pemuda lain yang memiliki kecintaan pada bangsa ini. Banyak pemuda yang belajar dan bekerja sebaik mungkin untuk kemajuan bangsa. Banyak dari mereka yang mengharumkan nama Indonesia di hadapan dunia. Subagian dari mereka juga menebarkan semangat ke seantero negeri. Sungguh membuat bangga.

Ingatlah bahwa masa depan bangsa ini berada di tangan para pemuda. 20 tahun mendatang kitalah yang akan duduk di kursi pemimpin. Entah bangsa ini akan mundur atau maju, peran pemudalah yang menentukan. Jangan sampai semangat sumpah pemuda hilang dari hidup para pemuda. Jangan sampai sumpah pemuda hanya menjadi ingatan masa lalu dan seremonial belaka. Sumpah pemuda harus menjadi api yang terus membakar semangat para pemuda untuk tetap bersatu mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Selamat Sumpah Pemuda, teruslah semangat wahai para pemuda!

#pemuda, berarti juga pemudi.

Advertisements

One thought on “Sumpah Pemuda: Api Semangat Untuk Tetap Bersatu

  1. Di tahun 2016 ini, kita kembali bertemu dengan hari sumpah pemuda. Namun, yang sangat disayangkan adalah, semakin hari karakter pemuda Indonesia semakin jauh dari yang diharapkan. Sebagai salah satu pemuda Indonesia apa sih yang harus kita lakukan untuk mewujudkan Indonesia sukses dan maju.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s