Books · Opini

Ajakan Untuk Berpikir Dari Jared Diamond


Beberapa waktu lalu seorang teman merekomendasikan sebuah buku. Kali ini bukan buku fiksi namun non fiksi. Buku tentang bumi, lingkungan dan peradaban di atasnya. Cerita tentang runtuhnya peradaban-peradaban yang pernah ada di atas Bumi namun akhirnya runtuh. Buku itu berjudul Collapse, ditulis oleh Jared Diamond.

Sebagai anak bangsa yang mengaku peduli lingkungan namun belum beranjak meninggalkan tissu dan kendaraan bermotor, sayapun tertarik untuk membaca buku itu. Baiklah kita semua juga tahu bahwa membaca buku berkualitas hasil penelitian bertahun-tahun seperti tulisan Jared Diamond akan menambah pengetahuan, akan menambah kecakapan dalam berpikir dan berkata-kata. Otak tak hanya butuh novel-novel “menye” yang hanya menguras emosi sesaat.

Baru memasuki halaman pendahuluan saja saya sudah jatuh cinta dengan cara Jared menulis, cara ia menyampaikan gagasan. Rapi dan langsung membuat paham. Membuat penasaran dengan cerita-cerita keruntuhan peradaban-peradaban yang pernah ada di atas muka Bumi. Buku ini membuat saya berpikir, akan seperti apa kelak Bumi kita ini jika ternyata hal-hal yang membuat peradaban masa lalu runtuh juga tengah berlangsung saat ini. Akankah peradaban kita saat ini kelak juga akan hanya dikenang sebagai sebuah peradaban yang telah runtuh. Dituliskan dalam sebuah buku. Pikiran-pikiran ini mengarahkan saya untuk mulai memperhatikan lingkungan, mulai dari diri sendiri. Menyusun hal-hal kecil yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko runtuhnya peradaban di masa mendatang. Terdengar idealis, atau sok idealis?, entah apapun persepsi manusia yang muncul hal-hal tersebut harus dilakukan, meski tidak mudah.

Kita hidup di zaman kecanggihan teknologi yang bersisian dengan kerusakan lingkungan. Disatu sisi kecanggihan tersebut mempermudah hidup manusia, namun di saat yang bersamaan manusia harus merelakan lingkungan tempat tinggal mereka rusak. Disadari atau tidak, hal tersebut terjadi. Apakah telah menjadi semacam takdir yang menimpa manusia, ketika untuk mendapatkan sesuatu maka harus ada hal lain yang dikorbankan?

Buku tebal ini baru mulai saya baca, semoga tak butuh waktu lama untuk menyelesaikannya.

10614204_804548256298526_3241645639586938584_n

Advertisements

One thought on “Ajakan Untuk Berpikir Dari Jared Diamond

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s