Opini · Traveling

Idul Adha


Kemarin umat muslim sedunia merayakan hari raya idul adha, hari raya qurban atau disebut juga lebaran haji.

Ini hari raya kedua setelah hari raya idul fitri. Sama dengan idul fitri, idul adha juga menjadi tempat untuk silaturrahmi dan kumpul keluarga. Rasanya sangat menyenangkan, walau agak sedih karena untuk kali pertama tidak bisa merayakan idul adha bersama keluarga.

Yang spesial di hari raya idul adha adalah adanya qurban (berkurban). Sebagai tanda cinta kita terhadap Agama Alloh, Demi Alloh SWT. Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Nabi Ibrahim a.s. yang karena kecintaannya kepada Alloh rela mengurbankan anaknya. Namun Alloh yang maha mengetahui tahu bahwa niat Nabi Ibrahim yang tulus ikhlas demi Alloh, maka digantilah kurban anaknya dengan hewan ternak.

Berkurban adalah panggilan hati. Bukan sebagai ajang pamer diri. Karena yang dinilai adalah niat tulus dan motivasinya. Selain untuk menunjukkan rasa cinta kita terhadap Alloh SWT, berkurban  juga untuk melatih kepedulian sosial kita terhdap sesama. Agar dapat berbagi kebahagiaan dengan orang lain.

Walau belum bisa menyumbang hewan ternak untuk kurban, kita dapat menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk membantu pelaksanaan kurban. Misalnya dengan menjadi panitia kurban di masjid. Sembari menabung agar dapat berkurban tahun depan 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s