Opini

Sinetron Bergentayangan


Azizah              : ustadzah-ustadzah tau Joker enggak?

Ustadzah          : Enggak tau, mereksendalmaksudnya? *agak bingung kenapa Azizah tiba2 nanya tentang Joker

Azizah              : Bukaaaan…Joker itu Jomblo Keren lho Ustadzah *tertawa

Ustadzah          : Haa?? Tau-tau aja nih Azizah

Azizah              : Iya tau dong, aku lihat di sinetron (maksudnya mendengar), masak ustadzah enggak tau

Ustadzah          : Yaampun kamu ini masih kecil udah nonton sinetron aja,

Azizah              : Iya aku sering nonton sinetron, ada banyak sinetronnya di TV, ada ……*dengan wajah polos Azizah menyebut judul-judul sinetron yang sekarang wara-wiri di TV, kemudian ia berlari meninggalkan Ustadzah yang hanya bias bengong.

 

Setelah percakapan itu, Ustadzah menghela nafas, berpikir keras bagaimana mungkin anak seusia Azizah (kelas 1 SD) hafal di luar kepala judul-judul sinetron enggak jelas yang bergentayangan di TV. Seharusnya anak sesusia Azizah sibuk belajar dan bermain bersama teman-teman daripada harus pantengin TV buat nonton sinetron yang kebanyakan tentang cinta-cinta monyet, menampilkan kehidupan yang serba mewah dan tidak jarang mempertontonkan kekerasan.

Baiklah, harus dipikirkan mengapa hal ini dapat terjadi?

Ini adalah sesuatu yang miris dan memprihatinkan. Dimanaanak-anak jaman sekarang sudah disodorkan begitu banyak tayangan yang tidak sehat.Tidak mendidik dan kebanyakan memberi contoh yang tidak baik. Padahal kita tahu bahwa anak-anak adalah peniru no satu. Mereka akan meniru semua yang merekalihatdanmerekadengar.

Kita semua sebagai orang dewasa yang berada di sekitar anak-anak memiliki tanggung jawab yang sama untuk menghindarkan anak-anak dari pengaruh negatif tayangan-tayangan yang ada di TV.Pihak yang paling dekat adalah tentu saja para orang tua, ayah dan ibu. Mereka harus benar-benar menyeleksi tayangan yang boleh ditonton oleh anak di rumah, orang tuaharusmenemanianak mereka ketika menonton tayangan di TVdan membatasi jam menonton TV.Selain itu, orang tua juga harus dapat membuat anak-anak mengalihkan perhatian kepada hal yang lebih positif ,seperti bermain bersama dan belajar bersama.Memangsaatiniada channel TV yang khusus menayangkan acara anak-anak, namun tidak semua keluarga memiliki channel ini di rumah mereka.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s