Opini

Let’s Sign Out for a Moment


Orang yang norak itu adalah orang yang nyalain atau mengaktifkan handphone waktu di tempat pengisian bahan bakar (SPBU). Karena jelas-jelas di sana tertera larangan  menyalakan handphone, tapi masih saja melakukannya. Apa mungkin karena tidak bias membaca ya? Tapi saya rasa pasti bias karena rata-rata yang mengisi bahan bakar di SPBU orang dewasa. Di setiap SPBU ada tanda besar yang menyatakan dilarang menyalakan handphone, korek api, kamera dan merokok.

Tahukah mengapa tidak boleh menyalakan handphone di SPBU?

Karena itu sangat berbahaya, menyalakan handphone dapat memicu terjadinya kebakaran. Bayangkan jika terjadi kebakaran di SPBU. Pasti akan menimbulkan kerugian yang sangat besar. Korban jiwa dan materi yang mengerikan. Api akan langsung menyambar tangki-tangki bahan yang mudah terbakar yang ada disana, ditambah dengan akan timbulnya ledakan. Bukankah itu sangat mengerikan?

Setiap barang elektronik termasuk handphone mengeluarkan radiasi, radiasi elektromagnetik dan mengeluarkan percikan bunga api walaupun sangat kecil. Percikan api ini timbul akibat beda potensial tegangan yang cukup tinggi. Lampu LED (Light Emitting Diode) pada handphone juga mengeluarkan cahaya. LED pada handphone langsung terlihat filament diodanya yang kontak dengan udara bebas, ini berbeda dengan LED yang dijual di pasar elektronika yang diberi selubung tabung dari plastic sehingga filamennya terlindung. Ketika LED menyala, akan menimbulkan pijar. Pijar dan percikan api inilah yang dapat menyebabkan ledakan.

Api dapat terjadi jika terdapat tiga unsur yang memenuhinya. Dalam hal ini satu unsure sudah terpenuhi dari handphone (sumber nyala), sedangkan kedua  unsur yang lain adalahbahan yang mudah terbakar dan udara.

Percikan api dan LED tersebut sebenarnya tidak cukup untuk menyulut uap bensin (bahan yang mudah terbakar lainnya) di udara terbuka. Tapi akan dapat menyulut api atau kebakaran yang lebih besar jika udara yang sudah ada jenuh sekali dengan bensin tersebut, maka terjadilah ledakan (kebakaran).

 

Jadi yang sering dan masih saja menyalakan handphone di SPBU, sebaiknya hentikan sekarang juga. Hentikan dulu kegiatan online-online yang setiap saat kalian lakukan. Sebegitu pentingnya kah untuk bilang ke orang-orang kalau kalian lagi isi bensin di SPBU? Harus selalu update status, chek in-chek in – nan dan segala macamnya itu. Sign Out sejenak dari dunia maya tidak ada salahnya, duniamu tidak akan berhenti hanya dengan sign out sebentar. Ayo sabar sebentar untuk tidak mengaktifkan handphone di SPBU demi keamanan dan kenyamanan bersama.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s