Opini

Menulis


“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”
Pramoedya Ananta Toer

Siapa sih yang tidak kenal dengan penulis yang satu ini, walaupun kini ia telah tiada. Karya-karyanya menjadi kebanggaan sampai saat ini. Salah satu penulis besar yang dimiliki Indonesia. Awalnya saya tidak mengenal banyak dan tertarik tentangnya, sebatas tahu namanya saja. Namun ketika itu saya melihat buku karyanya di toko buku yang berjudul gadis pantai, penasaran dengan isinya, maka sayapun membelinya. Ternyata bukunya keren 🙂

Tapi bukan tentang bukunya yang mau saya bahas, ini tentang quotes di atas…

Setelah menemukan quotes tersebut, saya terdiam, berpikir, merenungkan kalimat itu. Saya ikut membenarkan kalimat tersebut. Ketika seorang anak manusia memiliki kepandaian setinggi apapun, namun ia tidak menuliskannya maka tidak akan di ingat. Sejarah akan melupakannya. Saya jadi sadar kenapa dosen saya dulu pernah bilang bahwa menulis itu penting. Dengan menulis kau tidak akan dilupakan. Mulai dari rajin menulis catatan kuliah sampai meneliti kemudian menerbitkannya dalam bentuk jurnal ilmiah.

Saya jadi bersemangat untuk menulis. Apalagi saat ini media untuk menulis sudah sangat banyak, contohnya bisa lewat blog. Enggak peduli pada berapa orang yang like atau yang jadi follower asalkan menulis saja. Tulisan kita bisa saja nyasar kemana-mana dan syukur-syukur bisa menghibur orang lain. Walau masih belajar…hehe

Kau juga bisa menulis dengan mentransfer ilmu atau keahlian pada orang lain dengan cara yang baik. Bukankah itu juga keren, itu berarti kau menulis di hati dan kepala orang yang kau berikan ilmu.

#Keep Writing 😀

Advertisements

4 thoughts on “Menulis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s