Opini

Selamat Jalan Aunty


Saya ingat sebelum berangkat ke kota ini saya menjengukmu setelah engkau menjalani operasi untuk mengurangi sakitmu, waktu itu saya begitu sedih melihatmu yang tidak berdaya hanya bisa terbaring lemah di tempat tidur. Keadaanmu begitu memprihatinkan, hanya bisa berbicara sepatah-patah kata, rasanya tak sanggup berada diruangan itu lebih lama lagi untuk melihat keadaanmu. Ternyata itu adalah pertemuan terakhir saya denganmu.

Sebelumnya, ketika keadaanmu masih lebih baik saya beberapa kali menjengukmu, melihat keadaanmu. Kita bisa lebih banyak mengobrol, bercerita, dan engkau ikut mendoakan saya agar kesuksesan mengiringi perjalanan saya ini. Saat itu engkau masih bisa tersenyum dan tertawa ditemani suami dan anakmu.

Kemarin ketika malam mulai menghampiri langit kota ini, sebuah telepon dari ibu saya terima. Ibu mengabarkan kalau engkau telah berpulang ke rahmatullah, telah meninggalkan kami semua. Berita ini sangat membuat sedih, tidak bisa melihatmu untuk terakhir kali. Semua kenangan bersamamu seolah muncul kembali dalam ingatan. Hubungan kita sangat dekat, engkau dulu juga sering menggendong dan menjagaku sewaktu kecil, kita sering bermain bersama sampai akhirnya engkau menikah. Semua kenangan itu tidak akan bisa terlupakan.

Semoga engkau pergi dengan tenang, setelah semua sakit dan cobaan yang engkau lewati. Semoga semua keluarga yang engkau tinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi cobaan ini, serta mengikhlaskan kepergianmu. Engkau yang masih muda, yang menjadi kebanggan keluarga pergi begitu cepat menambah kesedihan yang berkali-kali lipat.

Merawat dan melihat orang-orang terdekat ketika sakit parah membuat kita sadar betapa berharganya ketika sehat, saat-saat kita dapat saling berkomunikasi dengan baik, kemampuan saling menghormati dan menghargai, tersenyum dan tertawa. Ketika meihat orang-orang terdekat sakit dan pergi meninggalkan kita juga akan menyadari bahwa kita pun akan pergi meninggalkan dunia ini.

Selamat jalan aunty, semoga engkau diterima disisiNya, diberikan tempat yang terbaik. Kami selalu menyayangimu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s